BREAKING NEWS

Inovatif

Monday, December 7, 2015

Auto Bid GoJek ~ Ilegal



Android


Setelah dikeluarkannya Aplikasi GoJek ~ Gobis versi 1.0.82, banyak sekali isu berkembang di kalangan para driver GoJek tentang hilangnya secara tiba-tiba order dari para customer, pada detik tertentu. Sehingga muncul istilah Auto Bid di kalangan para driver. Dan hal ini, para driver yang baik dan jujur, merasa sangat dirugikan. Karena dengan Auto Bid, driver yang menggunakannya tidak perlu repot untuk menekan setiap order yang masuk dari customer. Jadi hanya cukup menunggu order, dan booking akan didapatkan secara otomatis.  



Baca juga: Menurut Nadiem Makarim, 7000 Driver Go-Jek Terlibat Order Fiktif. 



Mengapa hal ini bisa terjadi?

Setiap aplikasi, termasuk aplikasi GoJek adalah gabungan dari beberapa bahasa pemrograman yang tersusun serta mempunyai langkah pemograman yang jelas dan bertahap sesuai yang diinginkan pembuatnya.


Salah satu penyebab terjadinya Auto Bid pada aplikasi GoJek, dipastikan dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, dengan cara memodifikasi script dalam bahasa pemrograman sebuah aplikasi. Memang, bagi yang mengerti dan paham bahasa pemrograman, hal ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun perlu diperhatikan, bahwa perbuatan tersebut adalah ILEGAL dan tuntutan hukumannya cukup berat, apalagi pihak pengembang aplikasi tersebut tidak terima atas tindakan itu.



Namun hal ini tentu dapat ditanggulangi dengan cara Security System pada aplikasi tersebut, dibuat dengan kondisi keamanan yang sangat mumpuni.



Baca juga: Kelemahan Sistem Aplikasi Ojek Online


Sebagai seorang driver GoJek yang baik dan bijak, hendaknya tidak menggunakan aplikasi yang telah dimodifikasi tersebut, karena akan merugikan orang lain sesama driver. Bahkan akan merugikan dirinya sendiri, seperti tindakan manajemen melakukan auto suspend terhadapnya. Dan yang paling mengerikan adalah sampai mendapat tindakan yuridis dari pihak PT GoJek Indonesia.  



Patut menjadi bahan renungan! 




Baca juga: Apakah Menggunakan Auto Bid Go-Jek Akan Terdeteksi?






illustration: techmalak
Share this article :

1 comment :

  1. autobid hrs d legalkan kasian gojek yg usia tua krna kalah dg muda2 mata uda rabun reflek berkurang beberapa hari gak dapat order karena klh cpt ngebid kalau semua drever pakai auto bid kan adil yang penting gak ofik matikan
    tuh gojek yg suka ofik maju bersama gojek

    ReplyDelete

Silakan komentar yang baik dan sopan, sehingga menjadi media diskusi serta berbagi pengalaman.
Apabila Admin merasa, komentar Anda tidak relevan, mohon maaf jika tidak kami tayangkan.

 
Copyright © 2015 - 2018 ~ Gojek Bandung INFO
Powered by Blogger